Cara Cantik Menikmati Sunrise di Borobudur!

Melihat matahari terbit memang sesuatu yang magis dan meneduhkan jiwa. Apalagi kalau melihat sunrise di candi Budha terbesar di dunia yakni Candi Borobudur. Ini adalah beberapa tips untuk menikmati matahari terbit di Candi Borobudur.

sumber foto : borobudurnews.com

1. Siap untuk bangun pagi.

Tentu untuk mendapatkan momen matahari terbit, kita harus siap untuk bangun pagi. Tergantung dari jarak tempat menginap dan persiapan untuk berangkat. Sebaiknya paling lambat kita harus bangun jam 5 pagi dari tempat penginapan /hotel. Waktu perjalanan dari hotel ke candi, antri tiket dan jalan kaki ke puncak Candi Borobudur juga harus diperhitungkan, agar tidak terlewat momen sunrise yang jadi tujuan kita.

2. Musim hujan adalah waktu terbaik.

Indonesia punya dua musim, musim hujan dan musim kemarau. Musim hujan terjadi biasanya pada bulan November sampai April, sementara kemarau mulai bulan April sampai Oktober akhir. Secara mengejutkan ternyata bulan musim hujan merupakan waktu yang cocok untuk menikmati waktu matahari terbit di Candi Borobudur. Kenapa? Karena justru di musim hujan, polusi udara yang tinggi di daerah Candi, yang berbentuk asap kabut, biasanya hilang karena adanya hujan. Sehingga pemandangan di daerah Candi Borobudur tampak lebih jelas dan jernih.

Sumber foto: thecuratedtravelist.com

3. Sesuaikan jam matahari terbit.

Waktu matahari terbit selalu berubah-ubah setiap hari selama satu tahun di daerah Candi Borobudur. Terkadang sunrise di    mulai pukul 05:10 WIB sampai 05:50 WIB. Sedangkan waktu penjualan tiket masuk candi dimulai pukul 06:00 WIB. Di bulan Juni sampai September, waktu matahari terbit biasanya mendekati pukul 06:00 WIB, jadi sebaiknya bagi yang ingin menikmati sunrise di waktu yang pas sebaiknya berkunjung ke Candi Borobudur di bulan-bulan tersebut.

4. Siapkan uang pas.

Harga tiket masuk Candi Borobudur untuk tahun 2023 dikutip dari situs Borobudurpark.com adalah Rp50.000,- untuk orang dewasa, dan Rp25.000,- untuk usia 3-10 tahun. Karena waktu sunrise adalah waktu baru dibukanya penjualan tiket masuk candi, sebaiknya disiapkan uang pas untuk membeli tiket masuk Candi Borobudur, agar petugas tidak kesulitan mencari uang kembalian. 

Sumber foto: traveloka.com

5. Cari penginapan yang nyaman.

Di sekitar Candi Borobudur terdapat sekitar 150an hotel dan penginapan yang bisa dipesan melalui booking.com. Harganya mulai dari 300rb-an sampai 3juta-an, tergantung dari budget travel anda. Biasakan untuk melihat review orang yang menginap di hotel tersebut, agar tidak "zonk" menginap di hotel yang tidak nyaman. Sesuaikan juga lokasi hotel dengan Candi Borobudur, jangan sampai terlalu jauh. Untuk melihat list hotel yang dekat dengan Candi Borobudur bisa dilihat di link Booking.com ini ya.

Hotel Wahid Borobudur (800 meter dari Candi Borobudur, booking.com)

Jadi itulah beberapa tips untuk menikmati sunrise di Candi Borobudur, semoga berguna!







Comments

Popular posts from this blog

Papa Ho Hotel, Bogor, Jawa Barat

Hotel Cosmo, Jambi

Hotel Calista Beach, Bau Bau, Sulawesi Tenggara (Good View, Tiny Bathroom)